Serious Game & Edu Game




Game edukasi merupakan sebuah permainan dibuat dan dirancang khusus untuk dijadikan sebuah media yang digunakan untuk mengajar orang melalui materi yang berisikan suara, teks, gambar, video, dan animasi, yang pokok materinya membahas suatu subjek tertentu, yang memiliki tujuan untuk dapat memperluas konsep, memberikan pemahaman yang lebih baik dari materi yang mengajarkan sebuah peristiwa sejarah maupun budaya, dan dapat pula mengajarkan pengguna dari game edukasi ini dengan baik, karena mereka dapat bermain sambil belajar dengan mudah. Game edukasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:
1.     Menurut Papert (1993) mengemukakan "notes that software games teach children that some forms of learning are fast-paced, immensely compelling and rewarding where as by comparison school strikes many young people as slow and boring".( bahwa software game untuk mengajar anak-anak baik untuk kecepatan pemahaman dan sangat menarik serta bermanfaat, ini merupakan sebagai perbandingan cara belajar disekolah yang lama dan membosankan )

2.     Menurut Boyle (1997) mengemukakan "points out that games can produce engagement and delight in learning; they thus offer a powerful format for educational environments. Moreover, there are studies that have shown that the use of carefully selected computer games may improve thinking". ( Menunjukkan bahwa game dapat menghasilkan keterlibatan dan senang belajar; dengan demikian menawarkan format yang kuat untuk pendidikan lingkungan. Selain itu, ada studi yang telah menunjukkan bahwa penggunaan permainan komputer yang dipilih dengan cermat mungkin meningkatkan cara berpikir )
3.     Menurut Buckingham dan Scalon (2002) mengemukakan dalam terjemahan bahwa sebenarnya tanpa disadari game dapat mengajarkan banyak keterampilan dan game dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendidikan.

Sedangkan serious game adalah sebuah permainan yang dirancang untuk selain media hiburan.Kata murni serius umumnya di gunakan untuk merujuk pada permainan video yang di gunakan oleh industry seperti pertahanan pendidikan, eksplorasi ilmiah, perawatan kesehatan, manajemen darurat, kota perencanaan, rekayasa, dan politik. Idenya berbagi aspek dengan simulasi, umumnya termasuk simulasi penerbangan dan simulasi medis. Berikut ini ada beberapa contoh serious game:

1.     Microsoft Flight Simulator (1982)Simulator Flight adalah kakek dari game serius sehingga patut untuk menyebutkan simulator penerbangan komersial yang paling sukses dari semua game flight simulator. Sejak 1982 Microsoft Flight Simulator dirancang untuk menjadi simulasi komprehensif penerbangan sipil dan itu salah satu dari beberapa simulator penerbangan non-tempur yang ada.
Microsoft Flight Simulator


2.     World Without Oil (2007)
alternate reality game (ARG) yang berlangsung selama 32 hari pada bulan April-Juni, 2007. Permainan ini berusaha untuk membuat pemain memahami bagaimana krisis minyak mungkin mempengaruhi kehidupan mereka dengan mengajak mereka untuk menggambarkan bagaimana krisis ini mempengaruhi daerah mereka. Setelah 32 hari, permainan menghasilkan sebuah record yang tercetak selama permainan berlangsung untuk membantu mengantisipasi masalah dan menghindari scenario terburuk.


3.     IBM City One (2010)
Dengan dunia menjadi lebih maju, IBM City One menyediakan sumber daya pendidikan yang komprehensif. City One dirancang untuk mensimulasikan kompleksitas perencanaan kota dari pengelolaan air untuk membiayai perencanaan. Maxis 'Sim City menciptakan tantangan yang sama lebih dari 20 tahun sebelumnya. Alasan Sim City tidak ada dalam daftar ini adalah bahwa hal itu terutama dirancang untuk hiburan.
Kesimpulannya adalah perbedaan antara game serius (serious game) dan game edukasi terletak pada fungsi atau penggunaan dari game tersebut, serious game di gunakan untuk sebuah simulasi dari dunia nyata dan banya di gunakan dalam bidang penelitian, militer, kesehatan atau riset. Sedangkan game edukasi di gunakan dengan tujuan pembelajaran, dan banyak  di gunakan di sekolah-sekolah atau institusi pendidikan.
 Sumber : 


Previous
Next Post »