Pengertian dan Genre Game


Menurut wikipedia game adalah bentuk terstruktur dari bermain, biasanya di gunakan untuk kesenangan dan dapat pula di gunakan sebagai media edukasi. Permainan berbeda dari pekerjaan yang biasanya di gunakan untuk remunerasai, dan dari seni, yang lebih sering merupakan ekspresi dari unsur estetika atau ideologis.Namun, perbedaan ini tidak jelas, dan banyak permainan juga dianggap pekerjaan (seperti pemain profesional olahraga dengan penonton atau permainan) atau seni (seperti jigsaw puzzle atau permainan yang melibatkan tata letak artistik seperti Mahjong, solitaire, atau beberapa video game).
Sedangkan menrut sumber lain permainan video (video game) adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.
Kata “video” pada “permainan video” pada awalnya merujuk pada piranti tampilan raster. Namun dengan semakin dipakainya istilah “video game”, kini kata permainan video dapat digunakan untuk menyebut permainan pada piranti tampilan apapun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video disebut platform, contohnya adalah komputer pribadi dan konsol permainan.
Game bertujuan untuk menghibur, biasanya game banyak disukai oleh anak – anak hingga orang dewasa. Games sebenarnya penting dalam perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Tetapi game juga bisa merugikan karena apabila kita sudah kecanduan game kita akan lupa waktu dan akan mengganggu kegiatan atau aktifitas yang sedang kita lakukan.
Game atau video game sendiri di bagi dalam beberapa genre di antaranya adalah:  
1. Shooter 
FPS Game

adalah Jenis game yang di mainkan menggunakan sebuah senjata, biasanya pistol, senapan, atau senjata jarak jauh lainnya”. Biasanya tujuan dari permainan ini adalah menembak lawan dan memenangkan misi tanpa harus gugur di medan perang. Shooter sendiri terbagi menjadi 3 sub-genre yaitu FPS(First Person Shooter) adalah jenis game yang menggunakan sudut pandang orang pertama yang biasanya kita mainkan tanpa bisa melihat karakter yang kita mainkan contohnya Battlefield 4.TPS(Third Person Shooter)adalah game yg mirip dengan FPS yaitu game jenis ini juga game tembak menembak hanya saja sudut pandang yg digunakan dalam game ini adalah orang ketiga dan tubuh karakter bisa di lihat keseluruhannya.Contohnya seri game Splinter Cell, MMOFPS(Massively Multiplayer Online First Person Shooter) adalah permainan yang di mainkan secara online yang menggabungkan pemain FPS pada sebuah dunia virtual dimana para pemain dapat berinteraksi satu dengan lainnya. Contoh dari MMOFPS ini adalah Point Blank dan Cross Fire.


2. RPG(Role Playing Game
RPG Game

adalah sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Para pemain memilih aksi tokok-tokoh mereka berdasarkan karakteristik tokoh tersebut, dan keberhasilan aksi mereka tergantung dari sistem peraturan permainan yang telah ditentukan. Asal tetap mengikuti peraturan yang ditetapkan, para pemain bisa berimprovisasi membentuk arah dan hasil akhir permainan ini.

3. MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game)
Permainan peran daring multipemain masif (bahasa Inggris: Massively multiplayer online role-playing game (MMORPG)) adalah permainan peran komputer (RPG) yang melibatkan ribuan pemain untuk bermain bersama dalam dunia maya yang terus berkembang pada saat yang sama melalui media internet dan jaringan.
Ada beratus-ratus game online bertipe MMORPG baik dalam bentuk 2D seperti Xtreme Worlds hingga 3D tantra. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Persamaan yang mereka miliki pada:
Adanya Quest atau Misi yang membuat dia mendapat uang atau barang
Dapat bekerja sama dalam sebuah ‘team’/tim, guild atau clan dan di haruskan untuk membunuh monster atau menyelesaikan misi untuk dapat menaikkan level karakter.

Reverensi :
Previous
Next Post »