Game edukasi merupakan sebuah permainan dibuat dan
dirancang khusus untuk dijadikan sebuah media yang digunakan untuk mengajar
orang melalui materi yang berisikan suara, teks, gambar, video, dan animasi,
yang pokok materinya membahas suatu subjek tertentu, yang memiliki tujuan untuk
dapat memperluas konsep, memberikan pemahaman yang lebih baik dari materi yang
mengajarkan sebuah peristiwa sejarah maupun budaya, dan dapat pula mengajarkan
pengguna dari game edukasi ini dengan baik, karena mereka dapat bermain sambil
belajar dengan mudah.
Game edukasi menurut
para ahli adalah sebagai berikut:
1.
Menurut
Papert (1993) mengemukakan "notes that software games teach children that
some forms of learning are fast-paced, immensely compelling and rewarding where
as by comparison school strikes many young people as slow and boring".(
bahwa software game untuk mengajar anak-anak baik untuk kecepatan pemahaman dan
sangat menarik serta bermanfaat, ini merupakan sebagai perbandingan cara belajar
disekolah yang lama dan membosankan )
2.
Menurut
Boyle (1997) mengemukakan "points out that games can produce engagement
and delight in learning; they thus offer a powerful format for educational
environments. Moreover, there are studies that have shown that the use of
carefully selected computer games may improve thinking". ( Menunjukkan
bahwa game dapat menghasilkan keterlibatan dan senang belajar; dengan demikian
menawarkan format yang kuat untuk pendidikan lingkungan. Selain itu, ada studi
yang telah menunjukkan bahwa penggunaan permainan komputer yang dipilih dengan
cermat mungkin meningkatkan cara berpikir )
3.
Menurut
Buckingham dan Scalon (2002) mengemukakan dalam terjemahan bahwa sebenarnya
tanpa disadari game dapat mengajarkan banyak keterampilan dan game dapat
dijadikan sebagai salah satu alternatif pendidikan.
Sedangkan
serious game adalah sebuah permainan yang dirancang untuk selain media
hiburan.Kata murni serius umumnya di gunakan untuk merujuk pada permainan video
yang di gunakan oleh industry seperti pertahanan pendidikan, eksplorasi ilmiah,
perawatan kesehatan, manajemen darurat, kota perencanaan, rekayasa, dan
politik. Idenya berbagi aspek dengan simulasi, umumnya termasuk simulasi
penerbangan dan simulasi medis. Berikut ini ada beberapa contoh serious game:
1.
Microsoft
Flight Simulator (1982)Simulator Flight adalah kakek dari game serius sehingga patut
untuk menyebutkan simulator penerbangan komersial yang paling sukses dari semua
game flight simulator. Sejak 1982 Microsoft Flight Simulator dirancang untuk
menjadi simulasi komprehensif penerbangan sipil dan itu salah satu dari
beberapa simulator penerbangan non-tempur yang ada.
Microsoft Flight Simulator |
2.
World
Without Oil (2007)
alternate
reality game (ARG) yang berlangsung selama 32 hari pada bulan April-Juni, 2007.
Permainan ini berusaha untuk membuat pemain memahami bagaimana krisis minyak
mungkin mempengaruhi kehidupan mereka dengan mengajak mereka untuk
menggambarkan bagaimana krisis ini mempengaruhi daerah mereka. Setelah 32 hari,
permainan menghasilkan sebuah record yang tercetak selama permainan berlangsung
untuk membantu mengantisipasi masalah dan menghindari scenario terburuk.
3.
IBM
City One (2010)
Dengan
dunia menjadi lebih maju, IBM City One menyediakan sumber daya pendidikan yang
komprehensif. City One dirancang untuk mensimulasikan kompleksitas perencanaan
kota dari pengelolaan air untuk membiayai perencanaan. Maxis 'Sim City
menciptakan tantangan yang sama lebih dari 20 tahun sebelumnya. Alasan Sim City
tidak ada dalam daftar ini adalah bahwa hal itu terutama dirancang untuk
hiburan.
Kesimpulannya
adalah perbedaan antara game serius (serious game) dan game edukasi terletak
pada fungsi atau penggunaan dari game tersebut, serious game di gunakan untuk
sebuah simulasi dari dunia nyata dan banya di gunakan dalam bidang penelitian,
militer, kesehatan atau riset. Sedangkan game edukasi di gunakan dengan tujuan
pembelajaran, dan banyak di gunakan di
sekolah-sekolah atau institusi pendidikan.
Sumber :
Sign up here with your email
EmoticonEmoticon